To All of You,

Dengarkan Musik Ini

Super Mario Game

INFO SINGKAT

Beri Masukan Untuk Kami

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

Minggu, Februari 17, 2008

BERPUASA MENURUT BO SANCHEZ

KOMIT TERHADAP PUASA YANG AKAN ANDA LAKUKAN

Ada beberapa orang yang tidak dapat berpuasa.

Sebut saja beberapa: orang-orang yang 'teramat sangat' kurus; mereka
yang menderita anorexia atau bulimia; penderita tumor, kanker,
penyakit darah, dan sakit jantung; wanita hamil dan ibu menyusui;
orang-orang yang diberi insulin karena diabetes dan mereka yang
menderita hyperglycaemia.  Bagi setiap Anda yang merasa tidak yakin,
saya sangat menganjurkan Anda untuk menemui dokter sebelum Anda
berpuasa.

Jika Anda tidak dapat berpuasa, inilah yang dapat Anda lakukan sebagai
pilihan lain.

Ada dua bagian dalam 40 Hari Berdoa dan Berpuasa kami.

Bagian Pertama: Enam kali Jumat sebelum Pekan Suci.

Bagian Kedua: Pekan Suci itu sendiri.

Saya menganjurkan "puasa - hanya minum" selama enam kali Jumat ini dan
selama sepanjang Pekan Suci.  Baik puasa dengan hanya minum air putih
atau dengan hanya minum jus, tapi saya cenderung puasa dengan hanya
minum jus buah dan sayuran.

Itu saja!

Catatan: Beberapa dari Anda mungkin ingin melakukan lebih dari ini.
Oke saja.  Mungkin ada beberapa dari Anda yang ingin mencoba "puasa -
hanya minum" selama sepanjang 40 hari.  (Saya tidak akan menganjurkan
hal ini kecuali Anda pernah berpuasa sebelumnya, berpuasa 7 hari, 14
hari, dan 21 hari...)  Jangan lupa berkonsultasi pada dokter jika Anda
akan melakukan segala macam bentuk puasa yang berkepanjangan.

Berikut penjelasan singkat tentang beberapa bentuk puasa yang berbeda...


Pilihan 1:
PUASA - HANYA MINUM AIR

Yesus berpuasa selama 40 hari dengan hanya minum air.  Sekali waktu
saya mencoba puasa hanya minum air selama lima hari - dan luar biasa -
tapi bagi beberapa orang akan terasa terlalu melelahkan.  Dalam puasa
hanya minum air, semua racun disingkirkan secara mendadak dan mungkin
terlalu keras bagi tubuh.  Namun, saya tahu banyak orang yang
melakukan puasa hanya minum air dan berhasil.  Kuncinya adalah minum
sebanyak mungkin air.


Pilihan 2:
PUASA - HANYA  MINUM JUS

Hal ini saya percaya sebagai bentuk puasa terbaik - dari sudut pandang
kesehatan.  Anda hanya minum jus sayuran dan buah - untuk membantu
mengeluarkan semua racun dan memperkuat tubuh Anda.  Ambil sayuran dan
buah sebanyak mungkin yang dapat Anda masukkan dan hancurkan dalam
juicer.  (Ini merupakan sebuah peralatan dapur kecil yang mampu Anda
beli.)  Apa jenis sayuran dan buah yang dapat Anda jus?  Yang terbaik
adalah wortel, seledri, lettuce, bit, anggur, dll.  Carilah sebuah
buku yang baik tentang jus dan lihatlah pada bagian berpuasa.  Sebagai
pilihan kedua, Anda dapat menggunakan jus buah dan sayuran siap pakai
di supermarket, namun haruslah 100% jus - tanpa gula tambahan.  Jika
Anda ingin melakukan puasa - hanya minum jus selama 40 hari, saya
anjurkan Anda untuk menemui dokter untuk mendapatkan persetujuannya.


Pilihan 3:
PUASA - HANYA MAKAN ROTI DAN MINUM AIR

Saya tahu banyak orang yang menyukai bentuk puasa ini.  Mereka hanya
minum air dan makan roti sepanjang hari.  (Ah, saya yakin bukan roti
kismis dan donat.)  Dalam Alkitab, Daniel berpuasa dengan cara ini.


Pilihan 4:
PUASA - HANYA MAKAN SATU KALI SEHARI

Saya pernah bertemu orang-orang yang melewatkan sarapan pagi, makan
siang, dan hanya makan malam pada pukul lima sore - dan mereka
melakukan hal itu selama 40 hari Masa Prapaskah.  (Setiap tahun,
ratusan juta umat Muslim melakukan hal ini selama Ramadhan.)


Teman, pilihan ada di tangan Anda.

Berdoalah pada Tuhan bentuk puasa apa yang Ia ingin Anda lakukan.

Saya bahkan belum menuliskan bentuk-bentuk puasa lain yang mungkin
merupakan berkat besar bagi Anda:  Berpuasa terhadap TV, berpuasa
terhadap shopping, berpuasa terhadap koran, berpuasa terhadap pikiran-
pikiran negatif...

Ingat: Dari sudut pandang rohani, sikap hati Anda lebih penting dari
pada bentuk puasa yang Anda pilih.

-----------------------

BAGAIMANA MELAKUKAN PUASA

Jika Anda memutuskan untuk melakukan puasa cairan selama tujuh hari
dalam Pekan Suci (atau lebih dari itu), silahkan baca lima langkah
berikut agar Anda dapat berpuasa dengan baik.  Jika Anda tidak
melakukan Puasa Cairan, maka baca saja Langkah #3.


Langkah 1:
PERSIAPAN FISIK

Jika Anda akan melakukan salah satu dari kedua bentuk puasa pertama
yang disebutkan di atas (puasa air atau puasa jus), saya sangat
menganjurkan agar Anda mempersiapkan diri dengan baik.  Mulai makan
makanan yang lebih lembut tiga hari sebelumnya.  Berhentilah makan
daging dan lebih berfokus pada buah-buahan dan sayurang.  Kurangi
kadar gula - agar Anda tidak akan menginginkannya selama berpuasa.
Kurangi jumlah makanan Anda dan minumlah sedikitnya 10 gelas air
setiap hari.  Tip: Saat Anda bangun tidur, minumlah dua gelas air, dan
kemudian minum setengah gelas atau segelas air setiap jam sesudahnya.


Langkah 2:
MULAILAH PUASA ANDA

Dua atau tiga hari pertama puasa Anda akan menjadi saat-saat
tersulit.  Anda akan merasa lapar.  Beberapa orang mengalami sakit
kepala (mungkin dampak karena tidak mengasup gula dan kafein), merasa
pusing, nafas tidak segar dan bau badan.  Itu racun-racun yang keluar.

Pada hari ketiga atau keempat, Anda mulai merasa lebih baik karena
tubuh Anda pada akhirnya beralih ke metode pembersihan - dan berhenti
mengeluh.  Anda tidak lagi merasa lapar seperti sebelumnya.

Dari hari keempat hingga hari ketujuh, Anda akan merasa lebih kuat dan
lebih siaga.  (Dan hari-hari berikutnya, Anda mungkin memutuskan untuk
berpuasa lebih dari tujuh hari.)

Saya tidak pernah merasa cukup untuk menekankan hal ini: Setiap hari,
minum 10 gelas air.

Setelah melalui puasa tujuh hari, banyak orang dapat tetap melakukan
jadwal rutin mereka dalam bekerja dan pekerjaan rumah.  Yang lain,
mungkin membutuhkan jadwal yang lebih ringan.  Dengarkan tubuh Anda.
Anda dapat melakukan jalan santai sebagai latihan.


Langkah 3:
SEMAKIN DEKAT PADA TUHAN

Inilah alasan utama Anda berpuasa.

Sebagai pengganti makan dan snack, berdoalah.

Baca buku-buku rohani.  Tulis refleksi Anda.  Adorasi di hadapan
Sakramen Maha Kudus.  Lebih sering menghadiri Ekaristi.  Datang ke
pengakuan.

Saya menganjurkan Anda berkumpul bersama anggota lain komunitas (yang
juga berpuasa) selama waktu makan siang dan makan malam - dan berdoa
bersama.

Saya menganjurkan selama enam kali Jumat dalam Masa Prapaskah - ketika
orang-orang berpuasa - kelompok-kelompok kecil dan bidang-bidang
pelayanan komunitas berkumpul untuk berdoa.

Persembahkan kepada Tuhan visi Anda pribadi, hal-hal yang Anda
inginkan terjadi dalam hidup Anda.  Baca daftar ini setiap hari.

Dan doakan juga intensi doa dari komunitas Anda.


Langkah 4:
MENGAKHIRI PUASA ANDA

Jika Anda berpuasa selama tujuh hari, ambillah tiga hari untuk
menyesuaikan terhadap makanan sesungguhnya.  (Jika Anda berpuasa lebih
dari tujuh hari, Anda perlu mengambil waktu lebih dari tiga hari untuk
menyesuaikan.)

Sebagai contoh, akhiri puasa Anda dengan makan salad dan buah-buahan
pada hari pertama, tambahkan roti panggang pada hari kedua, dan
tambahkan sedikit ikan tim pada hari ketiga.  Tanpa minyak, produk-
produk susu, dan daging selama masa penyesuaian.

Sekarang perut Anda jauh lebih kecil, jadi berhenti makan sebelum Anda
merasa kenyang.

Saya sangat menganjurkan agar saat ini Anda kembali memikirkan diet
seumur hidup Anda.

Banyak yang berhenti merokok ketika mereka berpuasa.  Banyak yang
mengalami perubahan rohani yang sangat dalam karena berpuasa.  Itulah
doa saya bagi Anda.


Langkah 5:
JADIKAN HAL TERBAIK SEBAGAI SUATU GAYA HIDUP PERMANEN

Ada beberapa hal dalam berpuasa yang saya lakukan sebagai suatu gaya
hidup.  Hal-hal itu terlalu baik untuk hanya dilakukan selama hari-
hari puasa.  Karena itu saya melakukannya setiap hari.

Seperti meluangkan setiap hari untuk berdoa, refleksi, dan bacaan
rohani.

Seperti membaca pernyataan visi saya setiap pagi.

Seperti minum air setiap hari.

Dan minum jus sayuran dan buah, dan makan lebih banyak salad.  Dan
tidak makan daging dan hanya ikan untuk kebutuhan protein saya.

Berkati tubuh Anda dan berkati jiwa Anda.

Selamat menjalankan 40 Hari Berdoa dan Berpuasa.

Anda akan diberkati.

----------------------------

DOA KOMITMEN

Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang
kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang
bekerja di dalam kita...
- Efesus 3:20


Tuhan, Saya Komit Untuk 40 Hari Berdoa dan Berpuasa

Tuhan, sertai aku selama melakukan perjalanan doa ini bersamaMu.
Aku melakukan semua ini terutama karena aku ingin bertumbuh lebih
dekat denganMu.  Aku ingin menjadi semakin serupa dengan Yesus.  Aku
ingin lebih mengasihi kaum miskin.  Anugerahkan padaku suatu
Kebangunan Rohani!

Kedua, aku ingin lebih terbuka terhadap hal-hal luar biasa yang ingin
Engkau lakukan dalam hidupku.  Khususnya, saya berdoa untuk Tujuh
Impian ini:

1.
_________________________________________________________________________
2.
_________________________________________________________________________
3.
_________________________________________________________________________
4.
_________________________________________________________________________
5.
_________________________________________________________________________
6.
_________________________________________________________________________
7.
_________________________________________________________________________


Aku mengklaim kemenangan.  Terima kasih Tuhan karena mengurapiku.
Terima kasih karena memberkatiku.  Amin.

 

Sahabatmu,
Bo Sanchez

 

Terjemahan Oleh: Jessica J. Pangestu

 

(Dikutip dari: Milis Bo Sanchez)

 

Tidak ada komentar:

Chat on MSN, YAHOO, AIM with eBuddy