To All of You,

Dengarkan Musik Ini

Super Mario Game

INFO SINGKAT

Beri Masukan Untuk Kami

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

Kamis, September 18, 2008

MENGENAL SIMBOL "TAU"



TAU merupakan simbol yang dikenal di dunia ini yang mempunyai ciri khas Kristiani - Fransiskan. TAU ini merupakan huruf terakhir dalam abjad bahasa Hibrani dan huruf tengah dalam bahasa Yunani. TAU juga digunakan sebagai tanda tangan St. Fransiskus.

Dalam Kitab Perjanjian Lama: Kitab Keluaran menjelaskan bahwa rumah yang pintunya ditandai darah anak domba dilewati oleh Tuhan atau tegasnya rumah yang pintunya ditandai darah anak domba, anak sulungnya tidak dibunuh oleh Tuhan (Kel 12:7. 13.22-23). Sedangkan dalam Kitab Nabi Yeheskiel, T merupakan tanda bagi orang yang terpilih. Mereka yang ditandai dengan huruf T pada dahi merupakan orang yang terpilih, yang berada dalam perlindungan khusus dari Allah (lih.9:4-6). Dalam Perjanjian Baru, khususnya dalam Kitab Wahyu, Allah memberikan meterai pada dahi sebagai tanda keselamatan yang definitif (Why 7:2-3; 9:4; 14:1). T bentuknya menyerupai Salib Kristus karena itu sejak dulu T merupakan simbol salib, tanda keselamatan dan berkat.

Dalam tradisi Fransiskan, Santo Fransiskus pertama-tama menggunakan TAU sebagai tanda pertobatan dan pembaharuan diri, mengikuti jejak Kristus dan kasihnya pada salib. Kerapkali Santo Fransiskus menggunakan TAU sebagai tanda tangan pada surat-suratnya sebagai tanda meditasi dan berkat. Misalnya surat kepada Saudara Leo. Melalui tanda TAU yang ditulisnya pada kertas atau yang tertera pada dahinya, Santo Fransiskus menyelamatkan banyak orang (bdk Thomas Celano, second Life bagian II bab XX dan LXXII; Thomas Celano,The Treatise of Miracles bagian II.3, bab XVII.59; Santo Bonaventura, Major Life of St. Francis, prolog 1; bab IV.9 dll).

Bagi para pengikut Fransiskus yakni para putera dan puteri Fransiskan, TAU merupakan warisan Fransiskus yang mendorong mereka untuk mengikuti ajaran dan teladan Tuhan kita Yesus Kristus dan setiap hari memikul salib Tuhan kita Yesus Kristus.

Dalam tulisan yang singkat ini kami berusaha memperkenalkan TAU, yang dipakai oleh para pengikut St. Fransiskus Asisi, dengan harapan agar pembaca dapat mengenal TAU dan mencintainya, menjadikan TAU sebagai salib yang menjadi lambang, tanda dan sarana keselamatan Allah.

Ordo Saudara-saudara Dina (OFM)
Provinsialat:
Jl. Kramat 5 No.10, Jakarta Pusat
Tel/Fax : 021-3101940



Sumber: Brosur informasi yang menyertai pemberian kenang-kenangan dari Pastor Robby Wowor OFM untuk peserta Kursus Kitab Suci di Paroki/Gereja Santa Theresia - Jakarta Pusat (Tanggal 5 Agustus 2008 s.d 23 September 2008)

Tidak ada komentar:

Chat on MSN, YAHOO, AIM with eBuddy